Mengenal Istilah Vulkanisisasi atau Vulkanisir

 

Apa Itu Vulkanisir Ban

Sebagian kita mungkin baru kali ini mendengar istilah kata Vulkanisir Ban,namun bagi sebagian bagi para pengguna atau para pengusaha bahkan pekerja sekalipun dibidang Vulkanisir Ban tentunya sudah gak asing lagi.

Kalo bertannya Apa iu Vulkanisir Ban ?

Menurut versi saya Vulkanisir Ban adalah salahsatu pengerjaaan terhadap ban yang telapak bunganya sudah tipis atau gundul dengan melaui beberapa pengerjaan atau divisi langkah kerja sehingga terbentuk kembali telapak ban seperti baru kembali,,dan sebenarnya memang baru secara kasat mata.

Seperti gambar diatas adalah ban yang sudah gundul atau tipis telapak bannya dan akan kita daur ulang alias akan di Vulkanisir.Tentunya harus diperiksa dahulu di bagian Inspection ,apakah ban tersebut masih layak di masak  atau tidak.

Inilah penampakan ban hasil Vulkanisir ban,dan siap digunmakan di jalan raya dengan beragam type kembangan atau bunga sesui dengan kebutuhan kendaraan sesui dengan lapangan yang dilalui.

Demikian bahasan tentang pengenalan Apa itu Vulkanisir Ban.

Yang perlu diingat pula, ban direkomendasikan untuk vulkanisir hanya khusus ban belakang saja. Ban depan atau ban setir disarankan jangan divulkanisir demi alasan keamanan.

Agar ban bisa divulkanisir, disarankan beberapa tips untuk menjaga kondisi casing ban tetap baik. 
  • Pertama menjaga tekanan angin ban sesuai rekomendasi, 
  • Kedua cara driver mengemudi jangan ugal-ugalan dan tetap menjaga kecepatan tidak over speed,
  • Ketiga, sebelum ban menipis dengan melihat tread wear, langsung ganti telapak ban alias di vulkanisir.

Rekomendasinya, sebelum 3 milimeter (keausannya) baru dilepas untuk divulkanisir, jangan gundul banget bannya, karena kalau gundul akan merusak struktur dalam casing.

Post a Comment

Admin Tidak Bertanggung Jawab Atas isi kolom komentar

Lebih baru Lebih lama